Nov 4, 2014

Ini 10 Gurun Pasir Terluas di Dunia

Ini 10 Gurun Pasir Terluas di Dunia -
RagamArtikelUnik -
Tahukah Anda, gurun, atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, kurang dari 250 milimeter per tahun. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Bentang gurun memiliki beberapa ciri umum. Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang. Bukit pasir yang disebut erg dan permukaan berbatu merupakan bagian pembentuk lain dari gurun. Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering atau terpapar oleh erosi. Akibat keringnya wilayah gurun, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengawetkan benda-benda peninggalan sejarah dan juga fosil.
Ini 10 Gurun Pasir Terluas di Dunia
Gurun Terluas di Dunia
Dimana sajakah gurun terluas di dunia? Berikut ini kami rangkum, daftar 10 gurun terluas dari berbagai penjuru dunia yang perlu untuk diketahui.

1. Gurun Taklamakan
Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Kunlun di selatan dan Pegunungan Pamir dan Tian Shan (Gunung Imeon kuno) di barat dan utara. Gurun Taklamakan, juga disebut Taklimakan, adalah gurun di Asia Tengah, yang terletak di Republik Rakyat Tiongkok. Luas area 480.000 kilometer persegi. Berdasarkan catatan sejarah, para pedagang dan petualang Jalur Sutra sangat menghindari untuk melewati guru yang gersang ini. Pada 2008 lalu sesuatu yang unik terjadi di Taklamakan, yaitu ketika turun salju hebat dengan temperatur paling rendah selama 11 hari. Padahal salju sangat jarang turun di kawasan Taklamakan. Akan tetapi anehnya, saat itu salju bahkan menutupi gurun seluas 337.600 kilometer persegi hingga pada akhirnya menutupi seluruh kawasan gurun.

2. Gurun Kalahari
Berlokasi di Afrika, gurun Kalahari merupakan gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Dengan luas 570,000 kilometer persegi yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Karena bukan sepenuhnya gurun pasir, gurun ini menjadi habitat dari berbagai binatang dan tanaman. Gurun dengan karakteristik berbatu seperti ini sangat cocok untuk anda yang suka akan tantangan, khususnya balap mobil maupun motor. Namun jika anda benar-benar kesini, sediakan bahan bakar kendaraan karena disana tidak ada kios bensin.

3. Gurun Thar
Gurun dengan nomor urut ketiga ini berlokasi di India dan Pakistan. Thar Desert, juga dikenal sebagai Great Indian Desert dan Marusthali (Tanah mati) adalah, daerah gersang terbesar di bagian barat laut dari benua India dan membentuk perbatasan alami di sepanjang perbatasan antara India dan Pakistan. Dengan luas lebih dari 600.000 kilometer persegi, dalam negara bagian India Rajasthan, meliputi distrik Jaisalmer, Barmer, Bikaner dan Jodhpur, dan beberapa wilayah negara bagian Punjab, Haryana, dan Gujarat. Di gurun ini sering dilanda badai angin, dan bagi anda yang punya masalah dengan mata atau sering terkena iritasi mata ringan, tempat ini bukan tempat yang cocok untuk anda kunjungi.

4. Gurun Patagonia
Terletak di Argentina, Gurun Patagonia merupakan gurun terluas di Amerika, dan gurun terluas ketujuh di dunia, dengan luas mencapai 673,000 kilometer persegi. Sebagian besar Gurun Patagonia terletak di wilayah Argentina bagian Selatan dan sebagian lagi berada di wilayah Chile. Gurun ini berbatasan dengan pegunungan Andes di bagian barat, dan Samudera Atlantik di sebelah Timur. Gurun ini memiliki karakteristik yang masih bisa ditumbuhi tanaman khas gurun seperti kaktus. Ini adalah gurun besar bersuhu dingin, dengan temperature rata-rata 3ºC, jarang melewati 12ºC. Wilayah tersebut mengalami musim dingin selama tujuh bulan, dan sisanya musim panas selama lima bulan. Pembekuan adalah hal yang biasa, karena kondisi yang sangat kering sepanjang tahun, tapi jarang bersalju.

5. Gurun Amerika Utara
Berlokasi di Amerika dan Meksiko, Gurun yang berada dalam wilayah ini adalah Great Basin, Mojave, Sonorah dan Chiahuahuan, dan karena menjadi salah satu perbatasan antara Negeri Paman Sam dan Meksiko. Maka sering terjadi permasalahan antar kedua negara menyangkut warga negara kedua negara bermasalah yang melewati perbatasan. Gurun ini memiliki luas 1.300.000 kilometer persegi. Dalam kebanyakan klasifikasi modern, padang pasir dari Amerika Serikat dan Meksiko utara dikelompokkan ke dalam empat kategori yang berbeda. Perbedaan ini dibuat berdasarkan komposisi flora dan distribusi - spesies tanaman yang tumbuh di daerah gurun tertentu. Komunitas tumbuhan, pada gilirannya, ditentukan oleh sejarah geologi suatu wilayah, kondisi tanah dan mineral, elevasi dan pola presipitasi. Disini terdapat Tikus kangguru berekor cemeti yang hidup dalam lubang bawah tanah. Uniknya, tikus ini dapat melompat seperti kangguru dan menggunakan ekornya untuk keseimbangan.

6. Gurun Gobi
Terletak di Asia Tengah, Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra. Ini adalah sebuah kawasan gurun yang sangat luas di Republik Rakyat Tiongkok dan bagian selatan Mongolia. Luasnya mencapai 1.295.000 kilometer persegi. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti "sangat besar dan kering". Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, berdasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia. Gurun Gobi merupakan gurun terdingin di dunia, yang suhunya dapat mencapai -40°C.

7. Gurun Turkestan
Berlokasi di Asia Tengah, Gurun Turkestan memiliki luas 1.900.000 kilometer persegi. Gurun ini membentang luas diantara negara-negara pecahan Uni Soviet dari Turkmenistan hingga Kirgyztan yang meliputi Kara-Kum, dan Kyzylkum. Suhu di kawasan gurun ini terkenal sangat panas hingga di atas 50°C. Disini tanaman khas gurun sering kali tidak dapat hidup dengan baik. Gurun gersang dengan karakterisitik yang bahkan tanaman spesialis gurun tidak dapat bertahan hidup ini tampaknya bukan tempat yang cocok untuk anda kunjungi.

8. Gurun Semenanjung Arab
Terletak di Semenanjung Arab dengan luas wilayah 2.600.000 kilometer persegi, adalah gurun yang menempati hampir seluruh Jazirah Arab. Ini merupakan gurun terluas ketiga di dunia yang wilayahnya berada di Asia Barat meliputi gurun an-Nafud dan Rub al-Khali. Sebagian besar dari Gurun Arab terletak di dalam kerajaan modern Arab Saudi. Jika dipantau dari udara, Gurun Arab muncul sebagai hamparan luas medan pasir berwarna terang dengan garis yang kadang tidak jelas dari tebing curam atau pegunungan, aliran lava hitam, atau berwarna kemerahan. Meski Arab Saudi merupakan daerah gurun pasir yang sangat panas dimana matahari bersinar sepanjang hari, namun telah terjadi suatu fenomena alam yang langka dan spektakuler, yaitu turunnya salju dengan lebat. Tepatnya di daerah Tabuk, 1500 kilometer dari Riyad dengan ketebalan salju mencapai 20 sentimeter, dan di Yordania waktu itu temperaturnya mencapai titik beku.

9. Gurun Australia
Berlokasi di Benua Australia dan dinamakan gurun Australia, menutupi wilayah seluas 3.400.000 kilometer persegi, atau 18% dari daratan Australia. Namun, area tambahan yang dianggap memiliki iklim gurun berdasarkan curah hujan yang rendah dan suhu tinggi. Gurun Australia yang terbesar dari jenis bentuk lahan meliputi wilayah beriklim kering - ditemukan terutama di dataran tinggi barat dan dataran rendah pedalaman. Padang pasir yang belum tentu benar-benar tanpa vegetasi, tetapi memiliki daerah yang luas di mana vegetasi sangat terbatas atau luas. Ini merupakan gurun terluas kedua di bumi yang meliputi Gibson, Great Sandy, Great Victoria dan Simpson, seperti Sahara.

10. Gurun Sahara
Terletak di Afrika Utara, dengan luas padang pasir 9.100.000 kilometer persegi. Adalah gurun terluas di dunia yang terbentang di sepanjang Pantai utara hingga pantai barat Pulau Afrika dan melewati beberapa negara di Bagian Utara Afrika seperti Tunisia, Mesir, Aljazair dan Maroko. Nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir". Bahasa Arab pada gilirannya mengambil dari bahasa Sumeria.
Ini 10 Gurun Pasir Terluas di DuniaTitle : Ini 10 Gurun Pasir Terluas di Dunia ~ RagamArtikelUnik
Description : Tahukah Anda, gurun, atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, kurang dari 250 milimeter per tahun. K...
Rating : 4.6 stars based on 9889 duration 1 hour 30 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact US|TOS|
-->