Nov 3, 2014

Mengenal Ragam Kisah Urban Legend di Surabaya

Mengenal Ragam Kisah Urban Legend di Surabaya -
RagamArtikelUnik -
Entah bagaimana, beberapa cerita angker yang berkaitan dengan sosok hantu memang sudah seperti jadi budaya di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bahkan di setiap kota selalu memiliki cerita tersendiri yang sudah ada sejak zaman dahulu.
Mengenal Ragam Kisah Urban Legend di Surabaya

Salah satunya adalah Kota Surabaya. Ibu kota Provinsi Jawa Timur, dan sebagai kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Timur ini juga tak luput dari cerita mistis. Lantas dimana saja tempat paling angker di Surabaya? Boleh percaya atau tidak, berikut ini kisah urban legend dari tempat-tempat seram di Kota Pahlawan, Surabaya.

1. Bekas pabrik padi Ketintang
Pabrik tua yang awalnya merupakan bekas pabrik gula ini adalah salah satu tempat angker di Surabaya. Bekas pabrik yang terletak di kawasan Ketintang dianggap sebagai tempat sosok misterius. Lokasi yang dulu merupakan pabrik padi pada zaman Belanda itu ternyata dibeli oleh perusahaan swasta. Namun sampai saat ini di dalam gedung tua itu masih ada mesin-mesin. Tapi kondisi gedung begitu gelap dan tanpa cahaya lampu. Sosok seperti Noni Belanda menjadi sosok makhluk astral yang paling terkenal di sana.

2. Rumah hantu Darmo
Rumah hantu Darmo mungkin menjadi lokasi angker paling populer di Surabaya. Bukan tanpa alasan, rumah yang sudah ditinggal penghuninya selama 10 tahun ini memiliki cerita-cerita seram. Berbagai versi kisah mistis mengiringi keberadaan rumah tersebut yang memang terlihat menyeramkan dari luar maupun di dalam rumah angker tersebut. Menurut salah satu kabar yang beredar, para penghuni rumah ini dibunuh oleh jin karena sang pemilik memiliki perjanjian dengan ilmu hitam. Suara tangisan di tengah malam sampai sosok tak kasat mata kerap mengganggu warga.

3. Gedung Grahadi
Sebuah gedung yang dibangun tahun 1795 pada masa berkuasanya Residan Dirk Van Hogendorps ini merupakan peninggalan bangunan jaman Belanda. Pada awal keberadaan Grahadi yang lokasinya berada di perbatasan kota ini didedikasikan sebagai rumah kebun untuk peristirahatan pejabat Belanda. Gedung yang saat ini menjadi rumah dinas Gubernur Jawa Timur ini adalah bangunan lama. Semakin berjalannya waktu, kisah horor di Grahadi semakin mencuat. Seperti kerap ada sosok hantu Belanda berjalan di antara lorong.

4. Pantai Kenjeran
Terletak di kecamatan Kenjeran di timur Surabaya, yaitu 9 kilometer dari pusat kota. Lokasi pantai yang menjadi salah satu obyek wisata ini terkenal angker dan berkaitan dengan kekuatan mistis. Pantai Kenjeran adalah salah satu yang dianggap angker karena konon katanya ada kerajaan ular di sana. Salah satu titik misterius di pantai Kenjeran adalah sebuah tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan yang dipercaya selalu memakan korban jiwa. Bahkan data menyebutkan bahwa setiap tahun ada orang meninggal di sana.

5. Balai Pemuda
Balai Pemuda di kota Surabaya adalah salah satu gedung bersejarah (cagar budaya) yang dilindungi oleh Pemerintah Kota Surabaya. Gedung yang terletak strategis di jantung kota ini berdiri dengan megah yang didalamnya ada riwayat sejarah Arek-arek Suroboyo. Meski demikian, beberapa orang percaya bahwa di malam-malam tertentu kerap terdengar alunan musik jadul dari dalam gedung kosong itu. Bahkan dulu ada semacam pohon beringin di samping balai pemuda yang kerap diberi sesajen. Hanya saja pohon beringin tersebut sudah ditebang.

6. Delta Plaza
Delta Plaza atau Surabaya Plaza adalah pusat perbelanjaan di Surabaya yang terletak di jantung kota, lokasinya tak jauh dengan Monkasel Surabaya dan Surabaya Plaza Hotel. Di balik kemegahan mall ini, tersembunyi kisah seram. Ternyata dulu bangunan megah ini dirikan di atas bekas rumah sakit Simpang. Apakah kamu pernah mendengar legenda suster gepeng yang ramai beredar di tahun 90-an? Cerita itu berawal dari rumah sakit Simpang yang konon katanya sosok suster gepeng sampai saat ini masih ada di antara WTC dan plaza ini.

7. Kompleks Tugu Pahlawan
Tugu yang dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945 di Surabaya ini juga tak luput dari cerita seram. Salah satu yang membuat lokasi ini menyeramkan yaitu adanya makam di tugu Pahlawan. Salah satu gedung di areal tugu Pahlawan adalah gedung tua Bank Indonesia. Konon, pernah ada sosok pendekar jaman dulu dengan pakaian khas Madura berkeliling kantor di malam hari. Selain itu, ada pula kisah tukang bersih-bersih yang dikejar pocong.
Mengenal Ragam Kisah Urban Legend di SurabayaTitle : Mengenal Ragam Kisah Urban Legend di Surabaya ~ RagamArtikelUnik
Description : Entah bagaimana, beberapa cerita angker yang berkaitan dengan sosok hantu memang sudah seperti jadi budaya di Indonesia. Tak tanggung-tang...
Rating : 4.6 stars based on 9889 duration 1 hour 30 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact US|TOS|
-->